Meningkatkan Pengunjung (Traffik) Blog

Bagi seorang blogger pemula seperti saya, satu hal yang menjadi impian adalah mendapatkan pengunjung atau bahasa gaulnya disebut traffic yang bagus tiap harinya.
Nah untuk mewujudkan impian tersebeut, berikut ini saya akan menyampaikan untuk Anda, beberapa tips yang saya dapatkan dari hasil jalan-jalan di lorong-lorong google.

Saya sendiri baru mencoba untuk menerapkannya, jadi belum bisa menjamin seratus persen kebenarannya. Namun setidakknya bisa kita jadikan untuk membuka wacana. Kalau Anda memiliki tips ataupun trick yang lain, silakan begi-bagi disini dengan mengisi kolom komentar.

Tip-tips yang akan saya sampaikan di sini merupakan rangkaian langkah terpadu yang harus diterapkan secara berurut dan bertahap untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Hal ini penting karena dari setiap tahap akan terbentuk sebuah momentum yang sangat bermanfaat untuk mencapai sebuah tahapan yang disebut sebagai traksi, yaitu kondisi di saat blog Anda telah memiliki rata-rata pengunjung 500 pembaca setip harinya.
Pada tahapan traksi ini Anda bisa sedikit lebih rileks dalam mengejar traffic dari pengunjung baru.
Karena pembaca setia Andalah yang kemudian akan mengembangkan traffic tersebut melalui reaksi berantai.
Apa sajakah kesepuluh tips tersebut?

Berikut ini 10 tips menarik pengunjung ke Blog Anda :
  1. Pada saat Anda akan mulai memasuki dunia blogging, satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah menentukan nama domain dari blog yang akan digunakan. Terlepas dari berbagai sudut pandang teknik SEO, banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam penentuan nama domain ini, salah satunya adalah pemilihan nama yang mudah disebutkan dan diingat. Hal ini penting karena dengan nama yang mudah diingat dan juga mudah disebutkan akan membantu teman-teman Anda menyebarkannya tatkala mereka sedang ngobrol di dunia nyata. Ngomom-ngomomg nama blog saya ini rupanya telah melanggar tips nomor 1 ya? Susah banget nyebutnya, amzabro.com
  2. Setelah mendapatkan nama domain yang relevan, segera tentukan tema dari blog Anda. Jadikan blog Anda sebuah blog yang spesifik pada suatu hal, meskipun sesekali boleh saja membuat posting yang melenceng dari tema blog (kalau yang seperti ini orang menyebutnya sebagai cara menembak keyword)
  3. Langkah selanjutnya adalah usahakan Anda memiliki posting yang berisi artikel unggulkan minimal 5 buah. Posting unggulan biasanya berupa artikel yang membahas sesuatu yang tak terpengaruh oleh even apapun dan biasanya berbentuk tutorial. Buatlah semacam tips-trick, how to, atau lainnya yang intinya menawarkan nilai manfaat yang tinggi. Posting seperti ini akan memiliki daya tarik jangka panjang. Yang perlu dicatat pada tips ketiga ini adalah pemilihan waktu posting jangan sampai beruntun dan padukan dengan tip keempat.
  4. Buatlah posting minimal satu setiap harinya. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan pada pembaca baru bahwa blog Anda adalah blog yang selalu terupdate. Sehingga mereka ingin kembali berkunjung setiap saat atau bahkan mau berlangganan RSS blog Anda.
  5. Mulailah untuk berinteraksi dengan blogger lain dengan cara blog walking. Saat berblog walking pastikan untuk selalu meninggalkan jejak dengan cara memberi komentar terutama pada blog yang bertemakan hampir sama dengan bog Anda.
  6. Berilah trackback ke blog lain dalam posting Anda. Dengan trackback ini berarti Anda sedang memberitahukan kepada blog yang dituju bahwa mereka sedang disinggug. Ini adalah sebuah trik yang bagus karena sebagaimana halnya komentar, sebuah trackback juga akan meninggalkan jejak berupa link ke arah blog kita. Dengan begitu kemungkinan besar pemilik blok yang dimaksud akan berkunjung balik ke blog Anda untuk melihat postingan Anda tersebut.Bahkan bisa jadi mereka akan meberikan link ke blog Anda dalam posting mereka berikutnya.
  7. Ajaklah pengunjung untuk berkomentar di blog Anda. Jika mereka melihat orang-orang berkomentar di blog Anda maka mereka akan berpikir bahwa content Anda pasti bagus karena Anda memiliki pembaca yang banyak.
  8. Masukkan artikel Anda kedalam social bookmark seperti delicious, digg, infogue atau masih banyak lagi yang lainnya. Banyak traffic yang terbukti potensial berasal dari social bookmarker seperti itu.
  9. Menulislah lebih giat dan perbanyaklah artikel unggulan. Dan mulailah untuk menggaet pengunjung dari search engine dengan mencoba menerapkan berbagai teknik SEO yang totorialnya banyak beredar di internet. Search engine adalah pintu gerbang yang luar biasa untuk traffic pada sebuah website termasuk di dalamnya blog.
  10. Motivasilah diri Anda, bahwa ngeblog itu mudah. Jika Anda menemukan suatu saat bahwa ngeblog itu ternyata sulit maka yakinlah bahwa semua hal itu perlu proses, dan kembali motivasilah diri Anda bahwa ngeblog itu mudah.

    Akhirnya selamat mencoba tips-tips tersebut dan semoga sukses.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama